Selamat Datang di Website Kecamatan Sungai Puar
Senin, 11 Desember 2017 - 22 Rabiul Awwal 1439 H

Syafrizal.S.Sos

Camat Sungai Puar

Kata Sambutan  Profil

Alamat Kontak :

Jorong Pandam Nagari Sariak

(0752) 691318

kec_sungaipua@agamkab.go.id

30 Mei 2016

  • -

    Sosialisasi Permendagri No 83 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa

Agenda Lainnya

Berita > Detil

Jumat, 04 November 2016 - 13:13 WIB

Petani hebat adalah petani profesional

Petani hebat adalah petani  profesional 

 

Petani di kecamatan Sungai pua saat ini sudah mulai merubah cara  bertani sampai pada pengolahan dan pemasaran hasil pertanian dari tradisional ke arah yang Profesional, hal ini dapat kita lihat dalam pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, khususnya pemasaran daun bawang. Dalam memasarkan hasil  panen daun bawang, para petani tersebut sudah dapat mengexspor atau menjual hasil pertanian nya ke daerah di luar Sumatera Barat seperti ke Batam, Jakarta, Riau, Bangka belitung, dan daerah lainnya  yang menariknya di sini adalah khusus untuk pengiriman ke daerah Batam dan Jakarta tidak melalui jalur darat melainkan melalui jalur udara, daun - daun bawang tersebut di kirim dengan pesawat. hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan waktu dulu dimana para petani hanya memasarkan hasil - hasil dari pertaniannya ke pasar - pasar Tradisional yang ada di daerah Agam dan bukitinggi.

 

Kemajuan di bidang Pemasaran hasil pertanian masyarakat Sungai pua tentu berkat kegigihan dari para  petani tersebut untuk terus berinovasi dalam mendapatkan untung dan hasil yang lebih baik  hal ini juga tidak dapat di pisahkan dari peranan anak nagari kecamatan Sungai pua yaitu Bapak Hery Rajo Indo atau yang akrab di sapa Faldewa Rajo agam, karena berkat kegigihan beliaulah yang merintis dari awal cara pemasaran hasil tani yang seperti ini dan akhirnya dapat membuka jalan buat para - para petani lainnya. mudah-mudahan satu saat nanti seluruh petani di kec. sungai pua dapat menjadi penati yang profesional dan hasil pertanian kita dapat di pasarkan dan bersaing di toko-toko besar seperti minimarket, swalayan dan sebagainya ujar pria yang sering memberikan penyuluhan dan pendampingan pada petani yang ada di kec. sungai pua dan sekitarnya.  

 

Dalam wawancara dengan Bapak Hery Rajo indo Beliau menyampaikan tidak zaman nya lagi para petani kita berfikir secara tradisional. sekarang sudah era teknologi, petani pun harus terus berinovasi dalam memasarkan produk/hasil pertaniannya ke daerah lain. kebutuhan pasar terhadap daun bawang ini rata-rata 10 ton perhari yang harus kita penuhi, untuk itu jangan pesimis menjadi petani yang penting teruslah berusaha dan berdoa. beliau optimis  dibawah  kepemimpinan Bupati Agam Bapak Indra Catri pertanian kita dan kehidupan para petani dapat sejahtera, hal ini berkaitan juga dengan salah satu tujuan  program inovasi dari pemerintahan daerah kabupaten agam yaitu Agam Menyemai.

 

di tempat terpisah Camat Sungai pua Bapak Handria Asmi.S.STP.M.Sc selalu menjelaskan di dalam Rapat - rapat Koordinasi beliau selalu mengingatkan kepada seluruh StakeHolder untuk terus menigkatkan kinerja dan Pelayanan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan hal ini di tanggapi positif oleh Upt. BP4K2P kecamatan sungai pua dengan sering melakukan penyuluhan - penyuluhan masalah pertanian kepada para petani - petani yang ada di kecamatan sungai pua. lebih jauh camat sungai pua berharap satu saat Kecamatan sungai pua ini akan menjadi kecamatan agrowisata yang dapat menarik minat wisatawan, hal ini  ditunjang dengan kondisi goegrafis, kearifan lokal dan keramahan masyarakat, adat istiadat dan budaya menjadi modal utama dapat menciptakan pariwisata di sungai pua. namun ini butuh dukungtan dan kerjasama kita semua untuk mewujudkannya..

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code: