Selamat Datang di Website Kecamatan Sungai Puar
Minggu, 22 Oktober 2017 - 1 Safar 1439 H

Syafrizal.S.Sos

Camat Sungai Puar

Kata Sambutan  Profil

Alamat Kontak :

Jorong Pandam Nagari Sariak

(0752) 691318

kec_sungaipua@agamkab.go.id

30 Mei 2016

  • -

    Sosialisasi Permendagri No 83 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa

Agenda Lainnya

Potensi
POTENSI KECAMATAN

Potensi Kecamatan Sungai Pua

Sebagian besar mata pencarian masyarakat di Kecamatan Sungaipua terdiri dari : Petani, Pandai Besi dan usaha Konveksi, luas wilayah pertanian yang tersebar pada 5 Nagari terdiri dari Sawah 898,5 Ha, Kebun 190 Ha Ladang 665 Ha dan lain2 2.566,5 Ha.


Hasil pertanian ungulan yang ada di Kecamatan Sungaipua ini adalah Sayur-sayuran dan pemasarannya pada daerah Agam, Bukittinggi bahkan sebagian besar dipasarkan keluar daerah Agam. Hasil sayuran pada tahun 2015 di Kecamatan Sungaipua semakin meningkat seiring dengan meningkatnya ilmu pengetahuan para petani melalui penyuluhan- penyuluhan yang sering dilakukan oleh para penyuluh pertanian ke kelompok2 tani yang tersebar di kecamatan sungaipua.

 

Seiring program dari pemerintah kab. Agam yang salah satunya adalah program Agam Menyemai, maka untuk meningkatkan produksi dan memudahkan akses pertanian di Kecamatan sungaipua pada tahun 2014 telah di bangun  sarana jalan pertanian dan irigasi melalui kegiatan PNPM-MP  antara lain:

  1. Pembuatan jalan Rabat beton Jorong Sariak ateh Nagari Sariak sepanjang 1.500 M` 
  2. Pembukaan Jalan baru Jorong Aceh Baru Nagari Batu palano Sepanjang 1.350 M`
  3. Pembuatan Jaringan Irigasi batu gadang Nagari padang Laweh sepanjang 950 M`

 

Selain kegiatan yang didanai melalui kegiatan PNPM-MP ini juga dilaksanakan pembukaan jalan usaha tani baru yang berguna untuk mobilisasi hasil pertanian yang bertujuan menekan biaya produksi, pembukaan jalan usaha tani ini dilakukan di Nagari Batagak dan Nagari lainnya secara swadaya masyarakat.

Pemerintahan Kecamatan sebagai perpanjangan tangan dari program kegiatan pemerintahan kabupaten yaitu program Agam menyemai berusaha menterjemahkan  program tersebut secara luas, tidak hanya sebatas pada menyemai pertanian dan perikanan saja, namun secara luas dapat di artikan pelaksanaan program agam menyemai sebagai menyemai kebaikan, kerjasama, kekompakan dan kemandirian masyarakat.

Harapan kami dari Pemerintahan Kecamatan, dibidang pertanian ini dari tahun ke tahun diharapkan terus mengalami peningkatan yang siknifikan sehingga pada masa yang akan datang  pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan pentani akan meningkat. untuk itu perlu kerjasama kita bersama baik penyuluh pertanian dan kelompok tani untuk inofasi2 dan teknologi baru dibidang pertanian salah satunya pengurangan pemakaian pestisida dan pemasaran hasil2 pertanian, dengan memanfaatkan fasilitas yang telah ada.

 

Industri,

Kecamatan Sungaipua sangat banyak industri kerajinan mulai kerajinan Kuningan, Pandai besi, Konfeksi ( sulaman ) yang mempunyai peluang pasar yang sangat menjanjikan. Pusat industri yang ada di Kecamatan Sugaipua ini berada di Nagari Sungaipua yang pemasarannya selain untuk Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi juga daerah lain.

Harapan kami dari Pemerintah Kecamatan Sungaipua, kepada para pengerajin  dapat membentuk suatu wadah sebagai sarana yang nantinya akan melahirkan suatu kreatifitas atau inofasi- inofasi baru dari para pengerajin agar  dapat meningkatkan taraf perekonomian para pengrajin.

 

Pariwisata,

Kecamatan Sungaipua mempunyai potensi Parawisata yang sangat luar biasa dan dapat dikembangkan menjadi sumber pendapatan Nagari dan pemerintah Daerah. Potensi parawisata tersebut diantaranya wisata alam, dimana kecamatan sungai pua mempunyai keindahan alam yang dapat memanjakan mata wisatawan. Keindahan alam ini tidak lepas dari letak geografis kecamatan sungai pua yang berbatasan dengan gunung marapi dan singgalang.

1.  Air terjun Badorai yang memiliki tiga tingkatan masing – masing tingkatan mempunyai jarak ketinggian diatas 100 m, air terjun Badorai ini terletak di jorong Limo Kampuang Nagari Sungaipua

2.  Jalan Bateh ( terletak antara Hutan lindung dengan hutan Rakyat )

3.  Bagi penikmat olah raga bermotor atau Trabas  kecamatan sugaipua mempunyai Trek yang sangat luar biasa untuk di jajal. Trek – trek yang sangat menantang tersebut terdapat di Nagari Batu Palano dimana telah di laksanakan 2 kali iven Merapi Atventure yang berskala Nasional dan telah menjadi kegiatan tahunan di Nagari Batu Palano, hal ini dapat terlaksana berkat kerjasama seluruh anak Nagari batu Palano mulai dari Ninik mamak,Pemerintahan Nagari,Pemuda dan Bundo Kanduang yang ada di Nagari batu Palano.

Bagi Pencinta olah raga Exstrim ini kami tunggu saudara – saudara kami dari seluruh Indonesia untuk menjajal Trek – Trek yang ada disamping menikmati keindahan alam Nagari Batu Palano Khususnya dan Kecamatan Sungaipua pada Umumnya.

 

Selain dari   potensi – potensi diatas sebetulnya di Kecamatan Sungaipua memiliki segudang potensi parawisata yang dapat kita kelola seperti wisata atraksi seni dan budaya.

Harapan kami dari pemerintahan Kecamatan  mari sama-sama kita kelola bersama sejauh tidak  menimbulkan dampak negatif bagi tatanan kehidupan dan adat yang berlaku di Kecamatan Sungaipua, sehingga pada akhirnya  Kecamatan Sungaipua tidak hannya dikenal sebagai penghasil Pertanian dan industri namun juga dikenal dengan potensi parawisata yang diharapkan dapat mengangkat taraf perekonomian masyarakat.


 Bidang Penddikan, 

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Kecamatan Sungaipua telah memiliki bangunan pendidikan. Sampai tahun awal tahun 2015 Kecamatan Sungaipua mempunyai sarana pendidikan TK ( Taman Kanak2 sebanyak 9 unit, SD ( Sekolah dasar ) 16 uni, SMP/ sederajat 6 unit dan SMA/sederajat 3 unit.

Dengan adanya bangunan tersebut telah membuat Kecamatan Sungaipua memperoleh berbagai prestasi baik di tingkat kabupaten ,propinsi bahkan ditingkat Nasional, berbagai prestasi yang sudah di raih kecamatan. disamping prestasi juga ada hal yang harus kita perhatikan bersama seperti ancaman narkoba, pergaulan bebas dan kenakalan remaja lainnya, untuk itu kami pemerintah Kecamatan Sungai Pua menghimbau kita semua baik para pemuda, alim ulama, ninik mamak dan seluruh lembaga Nagari dan masyarakat untuk terus meningkatkan koordinasi sehiungga hal ini dapat kita atasi bersama. selain itu jajaran polsek dan Koramil Banuhampu sungaipua  telah melakukan terobosan dengan menempatkan satu orang personil di masing- masing Nagari dan melekat pada Pemerintahan Nagari. Hal ini bertujuan agar setiap permasalahan yang ada di nagari tidak harus diselesaikan pada tingkat polsek dan koramil namun dapat diselesaikan di tingkat nagari serta niniak mamak secara kekeluargaan.

Semoga dengan adanya inofasi – inofasi ini kedepannya kami dari pemerintahan Kecamatan juga berharap tingkat kriminalitas di Kecamatan Sungaipua dapat di minimalisir.


Bidang Kesehatan,

Kecamatan sungaipua mempunyai sarana dan prasarana Kesehatan diantaranya Puskesmas induk 1 unit berada dinagari Sungaipua, Puskesmas pembantu berjumlah 6 unit yang tersebar di 5 Nagari dan Puskesri atau pusat kesehatan nagari berjumlah 5 unit.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyrakat telah dilaksanakan kegiatan rutin diantaranya pelaksanaan kegiatan Posyandu, sosialisasi kesehatan pada masyarakat baik melalui famlet,himbauan dan pertemuan rutin.

 

Seni, Agama, Budaya dan Adat,

 Peran ninik mamak di kecamatan Sungaipua begitu dominan di dalam sendi-sendi kehidupan baik secara ba anak ba kamanakan maupun secara hidup ber Nagari, dimana mamak menjadi tempat  bertanya oleh anak dan kemanakan, Sehingga dalam kesehari dapat tercipta keharmonisan .

Kesenian dan olahraga yang ada di Kecamatan sungaipua diantaranya Bola kaki, Silek ( pencak silat ), Tari tradisional, pasambahan dan lain sebagainya hal ini dapat dilihat dengan telah terlaksananya pekan seni budaya pada tahun 2013 yang dilaksanakan dilapangan Bola kaki Tangah koto, dari pelaksanaan kegiatan tersebut semakin meningkatkan semangat pemuda anak nagari Kecamatan Sungaipua untuk belajar dan mengembangkan potensi diri dalam  bidang kesenian dan olah raga.

Keberadaan Bundo Kanduang di Kecamatan Sungaipua sangat berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat, karena mereka memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam menanamkan nilai – nilai ke agamaan adat dan budaya terutama dalam membentuk akhlak generasi muda. Disamping itu peranan bundo kanduang diharapkan dapat menyelesaikan persoalan – persoalan sosial baik dilingkungan sanak famili maupun lingkungan tempat tinggal. Dikecamatan Sungaipua sangat banyak kegiatan- kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh bundo kanduang diantaranya adalah kegiatan BKMT ( badan kontak majelis taklim ) yang dilakukan setiap satu bulan sekali dengan lokasi digilir pada Nagari yang ada di kecamatan Sungaipua. Selain kegiatan melalui BKMT banyak kegiatan sosial lainnya yang dilakukan oleh bundo kanduang  diantaranya pelatihan penyelengaraan sholat jenazah dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut kami berharap kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara berkelanjuttan namun tentu kami tidak dapat melaksanakannya sendiri , diharapkan bantuan dan dukungan dari semua pihak baik masyrakat yang ada dikampung maupun masyarakat yang ada di perantauan sehingga nantinya kami berharap Kecamatan Sungaipua tidak hanya terkenal dari potensi kerajinan dan potensi pariwisatanya saja namun terkenal juga dengan potensi  seni dan budayanya.

 

Bidang Kepemudaan,

Dalam hal kepemudaan kami teringat dengan semboyan presiden pertama Indonesia yang mengatakan bahwa “ Berikan Saya Seribu orang tua niscaya akanku cabut semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh orang pemuda akan ku guncang dunia “ . kita ketahui bersama peranan pemuda sangat penting dalam sendi-sendi kehidupan baik berNagari berKecamatan bahkan berNegara, pemuda merupakan tulang punggung dari suatu perubahan banyak ide-ide cemerlang yang lahir dari pemikiran seorang pemuda baik buruknya kehidupan bermasyarakat terletak di tangan pemudanya. Sehubungan dengan hal tersebut kami berharap mari kita tingkatkan kegiatan-kegiatan kepemudaan pada masing-masing nagari yang ada di kecamatan Sungaipua, salah satu bentuk kegiatan yang dapat kita lakukan dengan meningkatkan peranan organisasi kepemudaan seperti Karangtaruna,Parik Paga Nagari, Remaja mesjid dan poskamling serta kegiatan-kegiatan lainnya.